Virtualisasi Server Dengan Proxmox 2 (Bag. 1)



Virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk atau versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, misalnya sistem operasi, perangkat storage/penyimpanan data atau sumber daya jaringan.  


Solusi ini sangat membantu untuk melakukan konsolidasi beberapa sistem operasi serta aplikasi ke dalam satu lingkungan virtual dimana teknologi ini membantu untuk menghemat biaya pengadaan server,biaya operasional ataupun konsumsi energi di sebuah lembaga atau instansi.


Dengan melakukan konsolidasi server,maka akan mendapatkan manfaat dengan adanya penghematan biaya pengoperasian dan investasi perangkat keras. Dengan kemajuan teknologi virtualisasi sekarang ini, dapat melakukan migrasi aplikasi di server yang ada saat sekarang ke dalam lingkungan virtual  dengan menyatukan beberapa physical server untuk bekerja seolah olah menjadi sebuah server.



KEUNTUNGAN

Pengurangan Biaya invenstasi Hardware. Investasi hardware dapat ditekan lebih rendah karena virtualisasi hanya mendayagunakan kapasitas yang sudah ada. Tak perlu ada penambahan perangkat komputer, server dan pheriperal secara fisik. 



Kemudahan Backup dan Recovery. Jika suatu saat server tersebut mengalami crash, kita tidak perlu melakukan instalasi dan konfigurasi ulang. Hemat waktu tenaga dan sumber daya. 

Server virtual dapat dikloning sebanyak mungkin dan dapat dijalankan pada mesin lain dengan mengubah sedikit konfigurasi. Mengurangi beban kerja para staff IT dan mempercepat proses implementasi suatu sistem. 

Kemudahan maintenance dan pengelolaan. Jumlah server yang lebih sedikit otomatis akam mengurangi waktu dan biaya untuk mengelola. 

Standarisasi Hardware. Virtualisasi melakukan emulasi dan enkapsulasi hardware sehingga proses pengenalan dan pemindahan suatu spesifikasi hardware tertentu. Sistem tidak perlu melakukan deteksi ulang hardware sebagaimana instalasi pada istem/komputer fisik. 

Kemudahan replacement. Proses penggantian dan upgrade spesifikasi server lebih mudah dilakukan. Jika server induk sudah overload dan spesifikasinya tidak mencukupi lagi, kita bisa dengan mudah melakukan upgrade spesifikasi atau memindahkan virtual machine ke server lain yang lebih powerful.

 
KEBUTUHAN SISTEM UNTUK VIRTUALISASI 

Semakin tinggi spesifikasi yang akan dijalankan, semakin tinggi pula spesifikasi server yang akan digunakan sebagai server 4 induk. Meski demikian asumsi ini tidak 100% benar.  ika mesin virtual ada 5 yang masing-masing membutuhkan memory 1GB tidak berarti bahwa server harus memiliki spesifikasi diatas 5 x 1GB.
spesifikasi minimal server induk yang akan digunakan untuk menjadikan sebuah distro linux sebagai virtual server:

  • Processor server harus memiliki kemampuan 64bit.
  • full virtualization pada Proxmox processor memiliki model Intel VT (Virtualization Technology) atau AMD-V.
  • Memory minimal 1 GB
  • Kapasitas Hardisk Minimal 20 GB
  • Memiliki network card

Untuk lebih jelasnya  apakah komputer kita bisa digunakan sebagai server virtualisasi ato tidak. 

Cari Virtualization Technology (VT) di BIOS?


Cara mengetahui Teknologi Virtualisasi di Komputer 
  • Untuk Prosesor Intel Dapat Download Disini
Enable Virtualization Technology (VT)
  • Untuk AMD Processor  Klik Disini

  • Untul Tool Gratis Dari Microsoft Download Disini  

Ok Sampai Disini 
Bersambung klik DISINI

2 komentar:

  1. kerugiannya: satu mesinmengalami kerusakan.. semua layanan ikut mati... :D

    BalasHapus
  2. Virtualisasi memang satu pusat.. maka perlu backup. misal dijadikan template untuk disimpan ke media.. Jika mesin mati dan diperlukan intalasi proxmox pada komputer lain kita hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk restore OS server (misal: ubuntu server) tanpa perlu dikonfigurasi ulang.. tinggal cemplung langsung start dan bisa memberikan layanan lagi

    Dan Lebih baik lagi dengan Hard Disk Mirroring atau Server Mirroring

    BalasHapus